Senin, 22 Juni 2015

Hadiah Dari-Mu

Karangasem, 21 Juni 2015

Hey, udah lama ya kita nggak ketemu? Kira-kira ada yang kangen sama Ama nggak ya? Apa malah nggak ada yang merasa kehilangan sama sekali nih... hehehe. Yaudah nggak papa kok, yang penting kali ini Ama bisa hadir lagi dalam acara ASAL, Asli Atau Palsu? Wkwkwk :p ini Ama’s Note ! bukan acara di TV. Korban kelamaan nganggur di rumah jadi gini deh hehehe. Pemirsa, banyak banget kisah kasih yang Ama rasain selama ini, maksudnya selama Ama di rumah tercinta. Iya, kan Ama udah lulus sekolah (cie yang udah lulus), ngajinya juga udah khatam, makanya Ama pulang ke rumah.



Oke.. jadi awal kisah kasih yang Ama rasain bermula dari Pengumuman Kelulusan yang hampir tertunda. Kenapa tertunda? Jadi ceritanya gini, tepatnya hari Jum’at 15 Mei 2015. Nggak tau kenapa, mungkin gara gara salah makan atau kecapean, pada hari itu juga aku jatuh sakit. Pagi hari setelah sholat shubuh tiba-tiba dingin menyelimuti tubuhku, alhasil tarik selimut lagi deh, kepenginnya si tidur, terus bangunnya udah sembuh. Ternyata eh ternyata... aku malah nggak bisa tidur sama sekali, badan panas yang disertai pusing kepala, itu sebabnya yang buat aku nggak bisa tidur. Eh, waktu itu temen-temen di kamar juga pada berisik banget si, mungkin itu adalah faktor utamanya. Padahal hari ini adalah hari kelulusan, hari dimana aku akan berteriak sama teman-teman  “AKU LULUS!!!” tapi apalah daya? Allah sedang memberiku cobaan. Disela-sela kekhawatiranku tentang kelulusanku nanti, aku mencoba tegar! Lalu ada kabar angin, yang katanya ada 1 siswa yang nggak lulus. Deg! Hatiku jadi berdebar tak menentu, melebihi rasa gerogi saat aku naik panggung waktu SMP dulu. Segera ku tepis pikiran negatif itu, aku yakin aku pasti lulus! Ku pasrahkan semua padaMu Ya Rabb... Tiba-tiba ada sms masuk ke hape nokia jadul aku waktu itu. Dan ternyata acara Pengumuman kelulusan dan Perpisahan di sekolahku yang tadinya bakal dimulai jam 9 pagi DIUNDUR JAM 1 SIANG! What? Jam 1 siang? Itu artinya 8 jam lagi dong? Aduhh padahal aku udah suruh mama dateng jam setengah 9, bisa ribet ni urusannya. Langsung deh aku sms ke rumah, acaranya nggak jadi jam 9, diundur entar jam 1 siang. Lega rasanya.. heh? Lega? Nggak lega sama sekali! Kenapa? Lha kan deg-deg-an nya jadi tambah lama, belum lagi pusing kepala yang nggak kunjung sembuh ini. Hadehh.. sabar...
Singkat cerita.. adzan dhuhur pun berkumandang, segera aku ambil air wudhu dan sholat, berhubung badanku lemes nggak karuan rasanya, mau berdiri aja kaya mau jatuh.. Akhirnya aku dibantuin sama Ifah buat menuju ke kamar mandi. Alhamdulillah.. setelah terkena air wudhu tubuh ini seperti mendapat kekuatan baru untuk sholat. Dengan semua kekuatan yang tersisa, akhirnya aku selese melaksanakan sholat 4 roka’at itu. Alhamdulillah, Alloh masih memberiku kekuatan J dan ternyata jarum jam terus berputar hingga akhirnya kini tepat menunjuk angka 1. Kebetulan mama udah dateng, aku juga udah pake seragam, tapi tubuh ini masih lemah tak berdaya.  Ya Alloh, aku tak kuasa menahan sakit ini, semoga Engkau memeberi kekuatan kepadaku agar aku bisa ikut acaranya amiiin *batinku* mama dateng ke sini tentunya nggak sendirian lah, mama dianterin sama kakakku yang paling ‘gengsi’ mas Udin namanya, iya dia tuh orangnya emang gengsian banget.. kalo mau anterin aku ke pondok aja nggak mau pake motor vespa yang butut yang bunyinya nggak enak sama sekali kalo didenger! Harus pake motor yang agak kinclong dikit gitu.. *padahal motor minjem* hehehe, nggak ketinggalan juga adik kecilku yang paling unyu se-keluarga, dia juga ikut ke sini (ahh senangnya, rasanya sakit ini seketika hilang karenanya) he is my little krishna loh! Anak emas dari Vrindavan haha. Namanya Fadli. Pengeeen banget gendong si dede, tapi... gimana mau gendong, ngangkat diri sendiri aja udah nggak kuat, akhirnya Cuma air mata yang bisa ku keluarkan. Hiks hiks hiks..
Karena kondisiku yang nggak memungkinkan lagi buat ikut perpisahan, akhirnya mama memutuskan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa! Huh? Kok jadi kemerdekaan si? Nggak gitu ceritanya, hehe ralat deh.. mama memutuskan aku harus pulang sekarang juga sama mas Udin biar langsung priksa ke dokter. Titik ngga pake koma! Ya ampuuun.. terus kalo gitu aku nggak ikut acara kelulusan sama perpisahannya? Aku nggak ikut teriak “AKU LULUS” sama temen-temen? Aku nggak ikut tanda tangan di seragam mereka? Aku nggak ikut foto-foto gitu? Huhuhu nggak mau L ini kan acara terakhir di sekolah, kapan lagi aku bisa kumpul bareng temen-temen coba? Abis ini mereka pasti udah pada sibuk kerja kan? Mama jangan paksa aku pulaaaang, please J *Cuma bisa ngomong dalam hati* dengan sangat terpaksa akhirnya aku meng-IYA-kan perintah mama. Aku udah bawa tas, pake jaket, sepatu juga udah.... maksudnya sama kaos kakinya juga. Aku mencoba jalan sendiri keluar kamar, turun tangganya dibantuin mama sama Ifah, soalnya udah nggak kuat si, kaya mau roboh aja gitu hehe. Mama pamitan sama abah yai, kalo aku bakal dibawa pulang biar langsung priksa ke dokter, aku nebaknya si kena typus lagi, soalnya panasnya tinggi banget, dulu pas aku smp kena typus gejalanya kaya gitu. Setelah diizinkan pulang, aku nunggu mas Udin yang lagi ambil motor di parkiran, lumayan jauh katanya. Masih ditemenin mama dan temen-temen sekamar. Di lapangan sekolah udah banyak banget siswa sama orangtuanya masing-masing. Aku iri sama mereka yang pada sehat, yang bisa ikutan acara perpisahan sama orangtuanya. Hiks hiks hiks.. kuatkan hatiku Ya Alloh.. tiba-tiba kepalaku pusing banget, mataku mulai remang karena banjir air mata, nggak jelas lagi buat ngeliat mereka, tubuhku terasa beraaat banget, nggak kuat lagi rasanya. Setelah itu aku nggak inget gimana kejadiannya, yang aku inget aku udah ada di atas kasur di kamar lagi coba. Sama mama, Ifah, bu nyai dan si dede. Katanya tadi aku pingsan. Heh? Aku pingsan lagi? Ya Alloh... aku tak sanggup lagi menahan sakit ini.. pasti tensi darahku rendah nih, makanya aku jatuh pingsan lagi. Untungnya ada bu nyai yang nolongin aku, dengan sabarnya beliau menyembuhkanku, pake minyak apa segala, terus dikasih air teh anget juga, dipijitin sana sini Alhamdulillah.. aku merasa baikan pemirsa. Aku merasa jauh lebih kuat dari sebelumnya, panasnya juga udah turun. Akhinya aku diperbolehkan ikut acara kelulusan sama mama. Senengggg banget rasanya, hehe makasih ya ma.
Aku nggak bisa ceritain kaya gimana ramenya acara itu, karena aku udah telat banget datengnya. Yang jelas, kabar paling menggembirakan yaitu ketika mama membuka surat pengumuman kelulusanku kalo aku “LULUS” alhamdulillah.. lega rasanya.. walaupun kali ini aku nggak bisa jadi juara. Nggak kaya dulu pas masih smp, hem yang penting aku lulus deh! Hehe Selesailah acara kelulusanku yang tadinya hampir tertunda itu. Aku langsung ikut pulang ke rumah sama mama. Mama dianterin sama mas Udin, dan aku sama mas Eyul, temennya mas Udin yang udah kaya kakakku sendiri juga. Sesampainya di rumah, aku memberitahukan kabar gembira kelulusanku sama bapa, sama nenek, kakek, bude, pakde, bulik, paklik, kakak, adik, tetangga, orang lewat, sama semua keponakan juga pokoknya sama orang orang yang aku sayang. Hehehe. Ternyata perutku keroncongan pemirsa, setelah seharian nggak makan apa-apa. Alhamdulillah mama masakin sayur jamur kesukaanku, pokoknya enaaaak banget! Mama emang orang paling pegertian sedunia deh.. dan saat aku makan semua yang ada di meja makan rasanya kaya nggak terjadi apa-apa sama perutku, biasanya kalo aku makan nggak teratur kaya gitu perut langsung demo. Eh, ini kok enggak? Syukurlah kalo gitu, pokoknya ini makan terenak yang pernah aku makan setelah lulusan. Hehe..
Malemnya, badanku panas lagi, malah lebih panas dari tadi siang coba. Karena terlalu tinggi panasnya akhirnya aku dikompres. Dan itupun nggak mempan. Cuma berlaku 3 menit doang, setelah itu panas lagi. Udah nggak karuan banget rasanya, aku pengen sembuh.. badan pegel-pegel, kepala pusing, perut sakit, mual mual juga.  Malem itu aku sampe 2 kali muntah setelah dipijitin kakak. Tapi masih belum lega juga. Akhirnya sepanjang malam aku nggak bisa tidur. Cuma bisa menahan sakit. Mau priksa juga udah malem. Mending besok aja kata mama. Nunggu besoknya itu yang udah nggak sanggup. Pokoknya kalo ada kamera aku mau melambaikan tangan deh. Udah nggak kuat pemirsa..
Pagi sebelum fajar, sekitar jam 4 akhirnya aku nyerah. Aku ngotot mau priksa ke dokter. Untung kakakku yang paling ganteng dan baik hati bisa ngertiin adiknya yang malang ini. Dia minjem mobil ke tetangga sebelah. Dan aku digendongnya menuju ke mobil. Padahal aku beratnya 45 kilo, tapi kok dia gendongnya biasa aja ya? Apa nggak ngerasain aku seberat itu? Entahlah, yang penting aku udah sampe mobil. Di sana aku ditemenin bapa, mama jelas nggak bisa ikut soalnya ada si dede, kan ribet urusannya. Tujuan kami hanya 1 yaitu ke puskesmas Karanganyar. Dulu aku juga udah pernah opname di sana, pas smp kelas 1 dan kemaren pas smk kelas 2 penyakitnya sama TYPUS. Kali ini aku ke sana lagi? Ya Alloh, mungkinkah ini takdirku?
Setelah daftar dan segala macem urusan yang diurusin sama kakak, akhirnya aku disuntik juga. Disuntik itu kaya digigit semut doang kok, tapi....tetep aja sakit, hehehe. Buktinya aku meringis nggak jelas waktu jarum tajam itu mendarat tepat di pergelangan tangan kananku. Pengin banget protes sama dokternya loh! *eh, pak dokter, sebenernya bisa nyuntik nggak sih? jangan sakit kaya gini dong?ck..ck...ckk* Pemirsa, sakit itu bener-bener nggak enak sama sekali. Pokonya bagi kamu kamu yang masih diberi kesehatan, jaga kesehatan itu, jangan sampe jatuh sakit, entar kamu bisa nyesel loh! Waspadalah! Waspadalah...
Untungnya, disaat-saat yang paling menyakitkan itu, ada seekor makhluk yang nengokin aku di sana. (cie ada yang nengokin) eitsss... ralat, tadi salah ketik mba, mas, maksudnya gini... ada seorang pangeran tampan dari langit,  yang turun ke bumi, nggak tau cara turunnya gimana, hehehe yang jelas dia dateng buat nengokin aku. Cie jadi mulai senyum senyum nih akunya. Hehehe., untung sekarang lagi nggak ada adik-adik aku yang super kepo, kalo mereka sampe liat aku kaya gini, kan jadi ribet urusannya, pasti bakalan nanya gini... “ihh mba Ama lagi senyum-senyum, lagi kumat ya?” aku juga bakal jawab gini..“Woy, kamu kira mba ini gilaaaaaa!? Emang!” hehehe.. ya udah jangan ngomongin adik aku yang super kepo dulu ya, nyebelin soalnya, hehe, tadi pangeran udah nyampe mana ya? Oya.. dia udah nyampe ke Puskesmas, dan yang aku nggak nyangka, ternyata dia berani dateng nengokin aku di sana, padahal kakakku yang paling guaaanttengg sekeluarga lagi jagain aku juga. Saluuuut deh, buat keberaniannya, atau malah lebih ke tindakan nekat ya? Haha emangnya bunuh diri. Nggak sampe 10 menit, dia pulang dengan salamnya yang menyejukkan hati.. (cie ada yang berbunga-bunga) iya, dia pulang ke rumahnya, dia telah pergi meninggalkanku berdua. *Berdua? Iya, kan aku dan kakak, jadi berdua dong? Hehehe..

Pemirsa, asal tau aja, selama aku berada di sana, nggak pernah ada makanan yang enak yang bisa aku makan, mungkin karena lidahku yang konslet atau mungkin emang bener makanannya nggak enak. Dan sarapanku setiap jam 6 pagi yaitu 6 butir obat, ada yang kecil, sedang, dan besar banget malah! Untungnya obat yang paling besar itu warnanya hijau, jadi aku tetep minum obatnya, walaupun harus dikunyah. *lha? Kok dikunyah? Obat kan pahit? Itu obat Maag pemirsa. Rasanya manis kok, tapi tetep aja nggak enak, ya namanya juga obat* nggak Cuma di pagi, siang, sore, sampe tengah malem pun aku harus minum obat. Setiap jam setengah 12 malem, pasti ada perawat cantik yang ngebangunin aku buat minum obat. Untung si perawatnya cantik, coba kalo enggak? Aku nggak bakalan bangun, mending pura-pura todur aja, hehehe...

0 comments:

Posting Komentar