Minggu, 05 Februari 2017

Berlibur ke sawah

Halo, apa kabar? Baik baik ya semuanya..
Ama berlibur juga akhirnya.
Kemana? Ke sawah. hahaha *habis ngga ada yang ngajakin kemana gitu*
Jumat 3 Februari kemarin ama sama adik adik (Sari,Aofa) pergi ke sawah.

Sebenernya sudah direncanakan sejak minggu lalu, tapi hujan terus, dan ama lebih suka menikmati hujan dari balik jendela
Kita berangkat sekitar jam 2 siang.
Lewat pintu belakang. Karena takut si adek Fadli minta ikut.
Nggak mau ajak dia. REPOT.
Kita melewati lapangan, dan kemudian jalan setapak licin.
Naik. Turun. Kadang bebatuan. Kadang berlumpur.

Dengan penuh semangat akhirnya sampe di sungai. Kita belum sampe sawahnya bapa lo. Baru sampe sungai  dan kali ini kita harus menyeberangi sungai. Nggak tanggung tanggung dua kali nyebrang. Sungai nya lumayan besar karena semalen habis hujan.
Aofa jalan di depan, Sari di tengah dan Ama di belakang. Kita jalan gandengan. Sebenernya ini usulku. Alias takut kebawa arus. Wkwkwk..

Duuuh ama malah kepleset, karena batu licin. Si Aofa cekatan bantuin kakaknya yang malang ini. Makasih adikku..
Kita sampai di sawah bapa. Istirahat sebentar di gubuk sambil minum, makan cemilan ala kadarnya.

Sebenernya kita tadi berangkat sama bapa juga. Tapi ada urusan yang harus diurus dulu katanya. Dan akhirnya kita sampai ke sawah duluan.

Sesuai rekomendasi dari mama, kita pergi ke air terjun deket sawah, kalo kata ama si curug gitu ya namanya. Air terjun ( air yang paling berani, karena dia berani terjun) atau curug terletak di sebelah barat sawahnya ama.

Curug ini namanya Blere. Tingginya lumayan lah, dua kali tinggi pohon kelapa. Intinya sama ama tinggian curugnya pemirsa. Hehehehe.
Airnya bersih, seger, angin sepoi sepoi pokoknya. Tapi kita ngga main air disitu. Cuma menikmati sejuk dan indahnya curug Blere dari galengan sawah aja.

Setelah cukup merasa puas sama Blere, kita pergi ke sawahnya pak haji. Alasannya satu. Sawahnya hijau. Dan ama suka hijau. Soalnya sawah bapa sudah mulai menguning. Jadi ama kepincut sama sawah tetangga yang lebih hijau dan segeeeerr. Hehehe

Letak sawahnya pak haji itu sebelah utara dari sawah ama. Lumayan jauh juga. Tapi ngga mengurangi semangat ama sama adik adik kok. Sesampainya di gubuk. Gerimis mengundang. Dan hujan pun menyusul. Kita meneduh disitu sambil makan cemilan yang tersisa. Padahal cuma kerupuk aja udah seneng banget.

Karena kelamaan meneduh di gubuknya pak haji, bapa sampe nyariin kita. Alhamdulillah hujan juga reda. Jadi kita kembali ke gubuk bapa.

Beruntung si Aofa nemu kelapa muda waktu ke curug Blere tadi. Kita minum air kelapanya, sama makan kelapa mudanya juga. Wah seger banget pemirsa. Ini first time ama menikmati kelapa di sawah.

Ternyata seperti ini rasanya. Wkwkwk... Disuguhi bukit hijau Baleraksa sama pegunungan Karanggintung. Oh indahnya... ( langsung bayangin lagi menari nari di tengah sawah sambil nyanyi lagu india )

Adzan ashar berkumandang. Kita putuskan untuk pulang. Dan ternyata sungai yang kita sebrangi tadi sudah banjir. Bapa memutuskan pindah jalur lain, yaitu lewat jalur yang paling menyeramkan.

Kenapa? Ya karena ini jalurnya beda. Ini tebing tinggi banget. Licin. Sempit. Dan duluuuuu bapa ama juga pernah jatuh dari ketinggian tebing ini. Uwa' juga bulan lalu jatuh dari sini. Dan alhamdulillah Allah masih menyelamatkan. Semoga saja kita selamat melewatinya.

Sari jalan paling depan, disusul Aofa, kemudian Ama, dan bapa di belakang
Dari belakang bapa selalu ngasih komando biar kita pegangan akar atau rumput atau tanah, harus hati hati, jangan banyak becanda, dan jangan takut.

Ini first time ama merayap manjat tebing tanpa bantuan apapun. Sampe ama bilang
"Ini kaya lagi pramukahan ya dek"

Sari bilang "Lebih dari pramukahan mbak"
pastinya Sari tau gimana rasanya pramukahan, soalnya dia juga aktif kegiatan pramuka di sekolah.

Eh, si Aofa malah bilang "My trip My adventure"

Ama cuma bisa ketawa liat si dia bilang begitu dan sampe ama kepleset sedikit. MasyaAllah... takutnya, soalnya kita sudah sampe atas lo. Sebentar lagi perjuangan berakhir.

Di sela sela manjat tebing ini kita juga nyempetin liat pemandangan sawah, sungai, pegunungan. Indaaaaah banget. Tapi sayang. Ama ngga boleh ambil gambar disini. Iyalah takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Baru kita sampai di ujung boleh ambil gambar sama bapa. Sempet video sungai yang lagi banjir juga. Disini kita berhenti lumayan lama. Soalnya cape abis manjat kan tadi.

Tapi Allah punya suguhan cantik dari atas tebing ini. Berasa perjuangan kita ngga sia sia karena dari ketinggian yang nggak tau berapa meter ini kita bisa liat lukisan Allah begitu jelas.

Bapa banyak menjelaskan letak sungai yang selalu pindah pindah karena banjir. Menceritakan kedung kedung yang dulu bagus tapi sekarang dangkal. Menceritakan sawah milik si A, si B, dan si yang lainnya.

Daaaaan dari perjalan awal sampe kita pulang, ama bisa merasakan betapa susahnya seorang bapa untuk pergi mencari nafkah. Dibalik liburan first time ama ke sawah ada hikmah ternyata. Bersyukur.

Itu cerita singkat liburan ke sawah. Yang lain belum pemirsa. Kapan kapan ama lanjutin lagi. Semoga bermanfaat ya...
Dan ini hasil gambar kitaaa....